Facebook memang masih berjaya dengan sekitar 700 juta pengguna. Google+
yang diharapkan menyainginya belum mampu banyak bicara di tahun 2011.
Namun di tahun 2012, kompetisi keduanya diprediksi memanas.
Kedua
situs jejaring ini bakal bersaing memperebutkan kue iklan jutaan dollar
berikut jumlah pengguna. User pun bisa mengharapkan banyak penambahan
fitur baru yang disajikan keduanya.
"Ini adalah perjuangan untuk
bertahan bagi Facebook dan relevansi untuk Google. Yang terjadi di
tahun 2012 akan membuat perbedaan apakah Facebook masih akan ada di
akhir dekade dan apakah Google benar-benar relevan di luar mesin cari,"
sebut Rob Enderle, analis di Enderle Group.
Facebook sendiri
berencana menawarkan saham perdana pada paruh pertama 2012. Hal ini bisa
membuat Facebook mendapatkan banyak uang dan lebih kuat dalam melawan
Google. Namun bisa pula sebaliknya.
"Momen besar adalah penawaran
saham perdana Facebook. Google yang lebih terfokus mungkin bisa
membahayakan Facebook jika hal itu gagal," kata Patrick Moorhead dari
Moor Insights & Strategy.
Google membuat berita besar dengan
kemunculan Google+, dengan berbagai fitur mirip Facebook. Namun
demikian, harus diakui bahwa Google+ tidak dapat berbuat banyak di 2011.
"Google+ belum membuat banyak kemajuan melawan Facebook tahun ini," sebut Dan Olds, analis di Gabriel Consulting Group, dikutip detikINET dari ComputerWorld, Sabtu (31/12/2011).
Namun
dia memproyeksi Google tidak akan menyerah begitu saja. Kompetisi
keduanya diperkirakan akan sangat intens di tahun 2012 seiring kue iklan
yang makin besar di situs jejaring sosial.
DETIK.COM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar